Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

Liputan IT Training / Private Terbaru Padepokan IT Course

javascript:void(0)

Training Jaringan & Mikrotik di Bandung dengan Peserta Dari PT. LIN & PT. CEMITEL


Pada tanggal 09 dan 10 Januari 2016 lalu, Kami Tim Padepokan IT melakukan training Mikrotik Untuk Staff Perusahaan PT. LIN dan PT. Cemitel dalam membangun sebuah infrastuktur jaringan yang lebih efisien, mudah dan tepat guna dengan memanfaatkan routerboard mikrotik. Training mikrotik kali ini berlokasi di tempat kami di JL. Ciuyah kab bandung Barat, peserta training berjumlah 4 orang, yang datang dari Bandung dan Jakarta.

Melalui pendekatan studi kasus sesuai dengan implementasi yang akan diterapkan di masing-masing tempat kerja, pelatihan ini disetting 80% langsung praktik hingga di akhir kegiatan diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk membangun jaringan LAN dan WAN serta membuat Router dengan Mikrotik.

Adapun Detil Materi yang disampaikan adalah sbb
1.       Basic Jaringan & konsep Dasar TCP/IP Fundamental
2.       Penjelasan Topologi Jaringan Mikrotik
3.       Setting Mikrotik Sebagai Gateway (Single Gateway, MultiGateway)
4.       Menghubungkan dua atau lebih jaringan yang sama-sama terhubung ke internet
5.       Setting Mikrotik Sebagai Bandwidth Management Queue Tree VS Simple Queue
6.       Firewall Scripting & Scheduler
7.       DHCP Server dan Static Mapping
8.       Port Porwarding
9.       VPN Remote To Site, LAN To LAN dan Static Routing
10.   Studi Kasus Mikrotik

Training dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam). Dimana Pada Materi awal dibahas basic jaringan terlebih dahulu seperti konsep dasar LAN dan WAN, Teknik Crimping Cable, File Sharing, Network Mapping, dan Selanjutnya dibahas Setting Mikrotik Sebagai Gateway Durasi Materi Kurang lebih 6 jam karena di tahap inilah Fundamental Mikrotik harus dikuasai dan. disinilah konsep utama mikrotik bekerja. Gateway akan digunakan sebagai jalan keluar untuk mengakses internet. Jadi, setiap komputer yang hendak mengakses internet pastinya melalui router mikrotik tersebut. Dimateri ini dibahas membuat single gateway, dan multi gateway pada satu interface ETH mikrotik.

Dimateri Berikutnya (Hari Ke Dua) yaitu Bandwidth Management dibahas konsep bandwidth dan implementasinya menggunakan simple Queue dan Queue Tree. Dan diakhir pelatihan dibahas mengenai Static Routing dan VPN Remote To Site dengan Simulasi Akses jaringan dari dua Jaringan yang berbeda.

Dengan peserta sebanyak 4 orang, dimana mayoritas mereka memiliki latar belakang di IT, dalam hal belajar memiliki antusias dan progress belajar yang sangat baik. Apalagi dengan pendampingan dari instruktur yang kompeten dan berpengalaman di bidang jaringan dan berpengalaman memanage serta implementasi Mikrotik di berbagai bidang Usaha (Hotel, Cafe, Kantor, Pabrik, dan yang lainnya) menjadikan materi lebih praktis karena dengan pendekatan studi kasus, dengan demikian maka semakin menambah semangat belajar dan antusias pada para peserta terutama setelah berakhir pelatihan masih diberi kesempatan training lagi dan Free Konsultasi.

SUASANA PELATIHAN


 

Suasana Training
Membahas Basic Jaringan, Setting Gateway
Bandwidth Management, Firewall
Hotspot, dan VPN



SUASANA AKHIR PELATIHAN

Salam Padepokan IT Course
IT. Tutorial, Training Center & IT Solution