Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

Liputan IT Training / Private Terbaru Padepokan IT Course

javascript:void(0)

Project Membangun Router dengan Mikrotik di Perusahaan Garment di daerah katapang kab Bandung dengan Fungsi Router sebagai Gateway, Bandwitdh Manajemen, Firewall, dan Wifi Sebagai DHCP Server


Dalam mengimplementasikan sisem IT di perusahaan tentunya butuh dukungan infrastruktur jaringan, mulai dari pemasangan jaringan LAN sampai manajemen jaringan, salah satunya adalah menggunakan Mikrotik.Project kali ini adalah membangun router di perusahaan Garment di daerah  Katapan kab Bandung  dengan Menggunakan mikrotik, Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak berbasis linux yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network dimana mikrotik yang digunakan menggunakan RB95ui yang difungsikan sebagai Gateway, Bandwitdh Manajemen, Firewall, dan DHCP Server Wifi.

Permasalahan yang dihadapi adalah konfigurasi mikrotik lama sudah tidak berjalan akibatnya jaringan LAN dan internet kantor mati dan tidak bisa mengakses CCTV dari luar jaringan menggunakan smartphone. Dimana internet yang digunakan bersumber dari Speedy.


ANALISA , RULE PERUSAHAN & IDENTIFIKASI PERANGKAT YANG TERPASANG

·         1 PC Server dengan Sistem Operasi Ubuntu berfungsi sebagai Server Aplikasi
·         35 PC Client komputer Desktop dan Laptop
·         1 Buah Mesin Foto Copy Type IR
·         1 Buah Mesin Pinger Print
·         4 Buah Access Point dengan Merk Linksys X series dan Esries yang berlokasi di Ruang Office, Ruang Produksi, Meeting Room, dan Ruang Pribadi Direktur
·         Semua Bagian Bisa mengakses Internet kecuali 1 PC yang tidak boleh akses internet
·         Kebijakan Perusahaan Situs FB dan Youtube di Blok untuk Jam kerja 07.00 – 17.00


RUANG SERVER DAN RUANG MINITORING

 

TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI JARINGAN





KONFIGURASI MIKROTIK
1.       Analisa Kondisi Jaringan yang ada
2.       Setting Modem ADSL Sebagai Bridge
3.       Buat Gateway Mikrotik Untuk Jaringan LAN dan Wifi
4.       Buat PPPoe Client untuk dialup ke Speedy
5.       Buat DHCP Server
6.       Setting Bandwidth Management Queue Tree By Segmen Network dengan sistem Management Dinamis
7.       Setting Firewall untuk Blok Situs FB dan Youtube serta Blok Beberapa PC client yang tidak boleh akses internet
8.       Uji Coba 1 PC langsung ke Jaringan Mikrotik
9.       Setting ulang  IP Client dan Gatewaynya
10.   Setting Access Point
11.   Uji Coba Jaringan

Ketika Semua Pekerjaan Telah selesai ternyata ada masalah di Pengkabelan yang mengakibatkan internet tidak bisa di akses di ruang Meeting dan Ruang direktur diakibatkan kabel putus  di beberapa titik yaitu backbone dari server ke switch Kantin tidak terkoneksi akibat kabel Putus di tengah solusinya adalah menarik kabel baru dari server ke backbone kantin. Sedangkan di ruang Direktur masalahnya adalah ada sambungan kabel yang harus di crimping ulang.


Setelah Mikrotik di implementasikan permasalah-permasalahan yang terjadi di atas bisa di selesaikan. Ini membuktikan bahwa penggunaan mikrotik sangat membantu dalam pengelolaan jaringan komputer di perusahaan. dampak dari Adanya Mikrotik terhadap jaringan komputer perusahaan adalah sebagai berikut


1.       Koneksi Internet Lebih Stabil, karena fungsi modem sudah di ambil alih oleh mikrotik sebagai gateway, modem hanya bekerja sebagai perantara saja (Bridge).
2.       Koneksi Jaringan tidak sering putus, dikarenakan telah dilakukan Bandwith Manajemen terhadap seluruh komputer yang ada.
3.       Mampu melakukan Pembatasan beberapa situs yang dianggap mengganggu kinerja karyawan.
4.       Keamanan Jaringan Lebih Terjamin
5.       CCTV sudah bisa diakses dari Luar Jaringan Via Smartphone
6.       Memudahkan Monitoring Jaringan Bila Terjadi Trouble Shooting, baik didalam perusahaan maupun diluar jaringan.


Kesimpulan dan Saran

Demikan Hasil Implementasi konfigurasi mikrotik menggunakan Router Board RB95ui di Perusahaan Garment Katapang Bandung  dan diharapkan dengan di pasangnya  Mikrotik yang berfungsi sebagai router (Gateway, Bandwith Manajemen, Firewall, dan DHCP Server) jaringan LAN & Internet bisa berjalan stabil, dan memudahkan user untuk mengakses internet,  serta memudahkan Admin IT dalam memonitoring penggunaan Jaringan komputer di Perusahaan. sedangkan saran untuk perusahaan adalah harus ada tenaga IT yang handal di bidang Network sehingga bisa membatu solusi jika terjadi trouble shooting terutama menganalisa sumber masalahnya.