Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

Liputan IT Training / Private Terbaru Padepokan IT Course

javascript:void(0)

Training di PADANG 2009


Sekapur sirih


Akhirnya saya bisa kembali ke Padang untuk kedua kalinya, training kali ini bertema Diklat Teknis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi dan Aplikasi Perkantoran. Saya ditemani mas Rizal berangkat dari bandung minggu siang dan sampai disana kira-kira Ashar. Kami langsung bertemu dengan kepala Badan Diklat Teknis kota Padang yaitu Bapak Maysondra di Wisma Mayang Sari, ternyata meskipun sudah pernah bertemu waktu training TIK 2008 Pak Maysondra masih agak-agak lupa-lupa ingat , he..he…….kaya lagu kuburan aja ....... mungkin udah lama juga ya gak ketemu.

Kami membicarakan sekilas tentang konsep pelatihan yang akan dilaksanakan selama satu minggu beserta detail materi yang akan disampaikan.

Materi utama

1. Konsep Perkantoran Modern
2. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Arsitektur Komputer
4. Aplikasi Perkantoran
5. Virus dan Teknik Penanganannya
6. Pengolahan Gambar dengan Potoshop


Hari 1 (Senin 27 April 2009)

Hari pertama kami mengikuti acara pembukaan kurang lebih dua jam lamanya, pembukaan dihadiri langsung oleh Kepala Badan Diklat Prov Sumatera Barat Bapak Prof. Rachmat Syani, Msc. Setelah acara pembukaan selesai Dilanjutkan dengan Pree test dan penjelasan konsep Perkantoran Modern.


Hari 2 (Selasa 28 April 2009)

Diisi dengan materi pemanfaatan TIK yang disampaikan oleh mas Rizal dilanjutkan dengan Arsitektur komputer dan optimalisasi aplikasi pengolah kata yang membahas mail merge, section, daftar isi otomatis, dan keamanan dokumen. Para peserta begitu antusias karena materi yang disampaikan sering terealisasi dalam pekerjaan sehari-hari.


Hari 3 (Rabu 29 April 2009)

Hari ketiga diisi dengan materi optimalisasi Pengolah Angka membahas Fungsi Vlookup, Hlookup dan Fungsi Grafik serta Trik membuat Presentasi Yang Cantik.



Hari 4 (Kamis 30 April 2009)

Hari keempat diisi dengan materi virus dan teknik penanganannya. Tujuan dari materi ini adalah peserta mampu menjaga dokumen dengan baik dari serangan virus dan bagaimana menggunakan antivirus mulai dari instalasi, pemindaian, sampai dengan update anti virus. Setelah makan siang materi dilanjutkan dengan aplikasi Pengolah gambar dengan potoshop. Pada sesion ini peserta begitu semangat sekali terutama materi aplikasi pengolah gambar karena materi ini mampu disampaikan dengan mudah dan mengasyikan terutama ketika membahas cropping dan selection.


Hari 5 (Jum’at 1 Mei 2009)

Hari kelima diisi dengan materi Pengenalan dan Penggunaan internet yang browsing, teknik pencarian informasi, pembuatan E-mail dilayanan Gmail dan Yahoo, penggunaan E-mail, dan pembuatan Blog. Adapaun tujuan dari masing-masing materi adalah sebagai berikut :

Teknik Penulusuran Web (Web Browsing)
Pada pelatihan ini peserta telah dibekali kemampuan untuk melakukan penulusuran seperti mengenai jenis koneksi internet, mengenal Aplikasi penelusur web (web browser) dan menggunakannya, serta mengenal beberapa alamat web yang bermanfaat seperti id.wikipedia.org (ensiklopedia online), http://www.detik.com/ (portal berita), dan lain sebagainya.

Pencarian Informasi di Internet
Pencarian informasi di internet menggunakan mesin pencari (search engine) Google (http://www.google.co.id/). Peserta diajarkan cara mencari informasi di internet dengan menentukan kata kunci dari informasi yang akan dicari. Selain itu peserta juga dapat menggunakan fitur dari google lainnya seperti pencarian gambar, kalkulator, converter dan lain-lain.

E-mail
Peserta membuat akun (account) e-mail dari yahoo (http://www.yahoo.co.id/) dan Google mail (http://www.gmail.com/). Kemudian belajar mengirim E-mail, Membaca E-mail serta membalas e-mail yang masuk. Email ini diharapkan dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dengan teman atau pimpinan di unit kerja masing-masing.

Blog
Untuk mendukung promosi dan meningkatkan daya minat menggunakan internet pada pelatihan ini para peserta di ajarkan tatacara membuat blog pribadi menggunakan fasilitas blogging (http://www.blogger.com/).


Hari 6 (Sabtu 2 Mei 2009)

Hari keenam adalah penutupan Diklat yang ditutup langsung oleh kepala Pusat LITBANG LITERASI – BALITBANG SDM Depkominfo sekaligus pemberian sertifikat pelatihan kepada masing-masing peserta. Setelah semua urusan selesai kami terbang kembali ke Jakarta bersama lion air.


Kesan & Pesan Peserta

Peserta
Kesan : Selama Mengikuti PelatihanSangat baik, mudah-mudahan apa yang disampaikan memperoleh amal ibadah dan di balas oleh Allah SWT.
Saran : untuk pengajarAlangkah baiknya Pengajar menyampaikan pada panitia untuk menambah jam belajarnya dan mengidentifikasi kemampuan peserta yang sudah bisa dan yang belum lancar. Serta diaadakannya pelatihan lanjutan dari diklat ini.

Peserta
Kesan : Selama Mengikuti PelatihanPelatihan ini cukup membantu untuk menambah ilmu komputer khususnya penguasaan teknologi informasi dan komunikas
Saran : untuk pengajarSaya menyarankan kepada pengajar supaya dapat membantu kami lebih meningkat khususnya dalam hal penguasaan ilmu komputer dan diklatnya ditambah waktunya satu bulan.

Peserta
Kesan : Selama Mengikuti Pelatihan sangat bermanfaat untuk peserta yang nantinya ilmunya bisa disebar ke teman-teman di unit kerja.
Saran : untuk pengajarPenyajian sudah baik karena hanya keterbatasan waktu sehingga materi yang disampaikan kurang memadai. Dan sebaiknya pengajar memisahkan peserta yang sudah bisa dan yang belum.


Akhir kata kami ucap kan banyak terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya dari semua pihak. terutama buat Pak Maysondra selaku kepala Diklat teknis Kota Padang semoga kita bisa bertemu kembali dalam acara training yang akan datang.