Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

Graha Bukit Raya 1 Blok G3 No.16 Lantai 3, Bandung Barat

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

TRUSTED IT TRAINING CENTER, PELATIHAN KOMPUTER

Liputan IT Training / Private Terbaru Padepokan IT Course

javascript:void(0)

PROTOKOL JARINGAN

Protokol merupakan prosedur yang mengatur beberapa fungsi yang ada pada setiap komputer. Protocol mengijinkan adanya hubungan/komunikasi antar komputer. Adanya hubungan antar komputer akan memungkinkan dua komputer atau lebih dapat saling bertukar informasi atau saling berkirim data.

Protokol juga bisa merupakan suatu kesepakatan / aturan antara dua pihak yang berkomunikasi mengenai tatacara komunikasi tersebut berjalan. Dimana yang harus disepakati adalah :
- syntaks / penulisan meliputi format messege dan refresentasi data
- Semantik / urutan-urutan prosedurmya

Tugas dari protocol adalah mengatur hubungan atau komunikasi data mulai dari komunikasi data dimulai sampai dengan komunikasi data diakhiri. Protocol dapat memperlancar proses transpormasi data. Saat ini ada beberapa jenis protocol yang sangat berhubungan dengan jaringan internet diantaranya :

IMAP
Imap kependekan dari internet message Access protocol meupakan sebuah metode pengaturan email yg anda terima beserta sistem folder-foldernya dimana e-mail tersebut ditampung dalam sebuah server

SMTP
Simple mail transper protocol fungsinya adalah sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan-pesan email. Jika anda membuat mail server sendiri untuk melakukan pengiriman pasti anda harus mengaktifkan servis smtp dengan nomor port TCP 25 pada server tersebut. Ketika anda ingin mengirimkan sebuah pesan e-mail, maka kali pertama yang dilakukan program mail client adalah menghubungi server yang membuka servis SMTP setelah komunikasi terjalin pesan email langsung diteruskan ke server tersebut. Kemudian pada server SMTP pesan email tersebut akan diteruskan ke alamat yang dituju.

POP3
Pop merupakan kependekan dari post office protocol, sedangkan angka 3 menunjukan nomor versinya. POP3 merupakan sebuah protocol yang digunakan untuk proses penerimaan email. Jika ingin menarik e-mail dari ISP atau penyedia jasa e-mail kekomputer anda maka anda harus memasukan alamat server

DHCP
Dynamic host configuration protocol, merupakan protocol yang dapat membagi atau menentukan nomor IP pada setiap workstation yang terhubung padanya

HTTP
Hyper text transper protocol, yaitu protocol yang digunakan untuk mentransper halaman web di internet.

FTP
File transper protocol yaitu protocol yang digunakan untuk melakukan transfer file atau transfer antar komputer. Pada bentuk transfer data jika komputer mengambil data dari server prosesnya disebut download. Jika komputer workstation mengirim data ke server prosesnya disebut upload.

UDP (user datagram protocol)

TCP (tansmit control protocol